Slah satu hasil kebudayaan suatu daerah berupa folksong yang biasa dinyanyikan secara turun temurun dalam beberpa generasi. Hasil kreasi budaya tersebut merupakan salah satu tolok ukur masyarakatnya. Bentuk folksongnya kadang dapat kita interpretasikan sebagai sebuah representasi budaya dalam bergaul, berbuat dan berkreasi.
Lagu adalah juga sebagai edia sosialisasi budaya setempat. Kekuatan sebuah lagu terdapat pada liriknya yang menyimbolkan arti tertentu. Arti tertentu disini dapat diartikan multi interpretated, tidak hanya diartikan dalam satu arti mutlak. Budaya menyinggung sebuah peradaban yang sedang dibuat dan yang akan dibuat dalam suatu komunitas tertentu.
Budaya daerah dapat menjadi sebagai bentuk kekuatan simbol kedaerahan serta memperlihatkan "kelemahan" dari komunitas tersebut.
Dibawah ini ada beberapa lagu dari Kabupaten Sambas Kalimantan Barat yang dinyanyikan dan diaransemen dalam sebuah genre World Music, beberapa lagu dalam sebuah Album (yang dibagikan secara gratis) dinyanyikan oleh penyanyi skala Nasional dan ada juga yang memiliki keterikatan darah dengan daerah Sambas (Ivan Seventeen) serta Violist Handry Lamiri yag orangtuanya dari Kampung Dagang Sambas

Album Ngayatte' Lagu Ge' Mare'