Download disini

TERTARIK UNTUK PASANG IKLAN DI BLOG INI ?-KLIK DISINI

Modul Menagih Pembayaran kelas XII SMK

MENAGIH PEMBAYARAN

(HASIL PEMBAYARAN)

Menurut Ibnu Khaldun (1332 –1406), faktor faktor yang mendorong manusia untuk selalu hidup bermasyarakat adalah sebagai berikut:

  1. Hasrat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
  2. Hasrat untuk membela atau mempertahankan diri
  3. Hasrat untuk mengembangkan keturunan
  4. Hasrat untuk berkomunikasi

Seseorang selaku anggota masyarakat dalam berhubungan dengan orang lain tentunya harus tunduk dan terikat pada aturan aturan yang berlaku di masyarakat yang diatur dalam kaidah hukum. Beberapa ahli mendefinisikan hukum sebagai berikut :

a. Prof. DR. Mochtar Kusumaatmaja, S.H LL.M. dalam bukunya “ Hukum, Masyarakat dan Pembinaan Hukum Nasional “ mengemukakan bahwa:

“ Hukum adalah keseluruhan kaedah kaedah serta azas azas yang mengatur pergaulan hidup manusia dalam masyarakat yang bertujuan memelihara ketertiban dan keadilan yang meliputi lembaga lembaga dan proses proses guna mewujudkan berlakunya kaedah itu sebagai kenyataan masyarakat “

Hukum terdiri dari beberapa unsur, antara lain:

· peraturan mengenai tingkah laku manusia

· peraturan itu dibentuk oleh badan-badan resmi yang berwajib

· peraturan itu bersifat memaksa

· sanksi terhadap pelanggaran peraturan tersebut adalah tegas dan nyata. Maksudnya yang melanggar dapat merasakan langsung sanksi yang dikenakan kepadanya.

Ciri-ciri Hukum antara lain:

· Adanya perintah dan / atau larangan

· Perintah dan / atau larangan itu harus ditaati oleh setiap orang

· Adanya sanksi hukum yang tegas

Sumber Hukum

Para ahli membedakan sumber hukum ke dalam 2 (dua) bagian, yaitu Sumber hukum dalam arti material dan sumber hukum dalam arti formal.

  1. Sumber Hukum dalam arti material

: Buatu keyakinan/perasaan hukum individu dan pendapat umum yang menentukan isi hukum.

  1. Sumber hukum dalam arti Formal

: Bentuk atau kenyataan dimana kita dapat menemukan hukum yang berlaku. Adapun yang termasuk sumber hukum dalam arti formal adalah:

    1. Undang-undang
    2. Kebiasaan atau hukum tak tertulis

Kebiasaan (custom) adalah: semua aturan yang walaupun tidak ditetapkan oleh pemerintah, tetapi ditaati oleh rakyat,

    1. Yurisprudensi

adalah: keputusan hakim terdahulu yang kemudian diikuti dan dijadikan pedoman oleh hakim-hakim lain dalam memutuskan

suatu perkara yang sama.

    1. Traktat (Treaty)

Adalah: perjanjian yang dilakukan oleh kedua negara atau lebih.

    1. Doktrin

Adalah: pendapat para ahli atau sarjana hukum ternama/ terkemuka.

Pembagian hukum

Hukum umum dan Hukum perdata

  1. Hukum umum atau disebut hukum publik yaitu hukum yang mengatur hubungan antara Negara dan Warga Negara yang sifatnya mengatur kepentingan unum seperti hukum tata Negara hukum pidana, hukum fiskal, hukum administrasi negara dan lain lain.
  2. Hukum perdata (privat) atau hukum sipil adalah hukum yang mengatur hubungan hukum antara orang dengan orang, antara pihak yang satu dengan pihak yang lain atau pihak kedua tentang suatu obyek bersifat keperdataan, dengan menitik beratkan pada kepentingan perorangan, misalnya hukum perdata yaitu hukum jual beli, perkawinan, sewa menyewa, warisan, perjanjian kerja dan sebagainya.

Etika bisnis

Etika merupakan seperangkat kesepakatan umum untuk mengatur hubungan antar orang per orang atau orang per orang dengan masyarakat, atau masyarakat dengan masyarakat yang lain.

Etika yang kemudian dituangkan dalam bentuk tertulis undang - undang, hukum, peraturan, dsb

Hukum Dagang

Dibedakan atas hukum perdata dalam arti luas dan hukum perdata dalam arti sempit,

1. Hukum perdata dalam arti luas

Hukum perdata yang didalamnya juga tercakup hukum dagang, jadi dalam hal ini hukum dagang merupakan bagian dari hukum perdata.

2. Hukum perdata dalam arti sempit

Hanya mencakup hukum perdata saja,jadi hukum dagang tidak termasuk didalamnya.hukum dagang dalam hukum perdata terletak dalam buku III KUH Perdata .

HUKUM PERIKATAN

Asas-asas dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Buku III)

  1. azas kebebasan berkontrak: Setiap orang bebas melakukan kontrak atau hubungan hukum dengan orang lain
  2. azas konsesualitas: Adanya kesepakatan antara beberapa pihak

Adanya suatu perikatan harus memenuhi beberapa syarat yaitu sebagai berikut :

  1. Adanya hubungan hukum
  2. Terjadi dalam lapangan harta benda ( kekayaan )

artinya hubungan hukum itu dapat dinilai dengan uang. Namun apabila masyarakat atau rasa keadilan menghendaki agar suatu hubungan itu diberi akibat hukum maka hukum pun akan melekatkan akibat hukum hubunan tadi.

  1. Adanya dua pihak,yaitu kreditur dan debitur
  2. Adanya prestasi

Pasal 1234 KUH Perdata menyebutkan bahwa tiap tiap perikatan adalah untuk memberikan sesuatu, berbuat sesuatu dan tidak berbuat sesuatu

Sangsi hukum dalam perjanjian

Ingkar janji (wan prestasi) dan penetapan lalai (somasi)

ada tiga bentuk ingkar janji yaitu;

  1. Tidak memenuhi prestasi sama sekali
  2. Terlambat memenuhi prestasi
  3. Memenuhi prestasi secara tidak baik

Tuntutan debitur dalam bentuk tuntutan pemenuhan perikatan

  1. pemenuhan perikatan dengan ganti rugi
  2. ganti rugi
  3. pembatalan perjanjian timbal balik
  4. pembatalan dengan ganti rugi

Risiko dalam perikatan

Hapusnya perikatan (Menurut Pasal 1381 KUH Perdata):

  1. Pembayaran
  2. Penawaran pembayaran tunai dan diikuti dengan penitipan
  3. Kadaluwarsa
  4. Pembatalan
  5. Persetujuan Pembebasan Utang.
  6. Berlakunya Syarat Batal
  7. Perjumpaan Utang
  8. Pencampuran Utang.
  9. Musnahnya Barang yang Terutang.
  10. Perjumpaan Utang

PERJANJIAN JUAL BELI

KUHPerd mengenal tiga macam barang yaitu

  1. barang bergerak,
  2. barang tidak bergerak (barang tetap), dan
  3. barang tidak berwujud seperti piutang, penagihan, atau claim.

Perjanjian jual beli barang

Sudikno Mertokusumo (1996:103) mendefinisikan perjanjian sebagai hubungan hukum antara dua pihak atau lebih berdasarkan kata sepakat untuk menimbulkan akibat hukum.

Pengertian jual-beli menurut KUHPerd adalah suatu perjanjian bertimbal balik dalam mana pihak yang satu (penjual) berjanji untuk menyerahkan hak milik atas suatu barang, sedang pihak yang lainnya (pembeli) untuk membayar harga yang terdiri atas sejumlah uang sebagai imbalan dari perolehan hak milik tersebut (Subekti 1995: 1)

Akibat Hukum jika terdapat dua perbuatan hukum yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yaitu perbuatan penawaran (offer aanbod) dan perbuatan penerimaan (acceptance, aanvaarding).

Akta

Dibagi menjadi 2,

  1. akta otentik

cara pembuatan atau terjadinya akta tersebut dilakukan oleh dan atau dihadapan pejabat pegawai umum (seperti Notaris, Hakim, Panitera, Juru Sita, Pegawai Pencatat Sipil)

  1. akta dibawah tangan,

cara pembuatan atau terjadinya tidak dilakukan oleh dan atau dihadapan pejabat pegawai umum, tetapi cukup oleh pihak yang berkepentingan saja.

surat perjanjian dan surat-surat lainnya yang dibuat dengan tujuan untuk digunakan sebagai alat pembuktian mengenai perbuatan, kenyataan atau keadaan yang bersifat perdata maka dikenakan atas dokumen tersebut bea meterai.

Peraturan mengenai bea meterai

Dokumen yang dikenakan Bea Meterai berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Meterai adalah dokumen yang berbentuk :

  1. surat perjanjian dan surat-surat lainnya yang dibuat dengan tujuan untuk digunakan sebagai alat pembuktian mengenai perbuatan, kenyataan atau keadaan yang bersifat perdata;
  2. akta-akta Notaris termasuk salinannya;
  3. akta-akta yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) termasuk rangkap-rangkapnya;
  4. surat yang memuat jumlah uang, yaitu :

1) yang menyebutkan penerimaan uang;

2) yang menyatakan pembukuan uang atau penyimpanan uang dalam rekening di Bank;

3) yang berisi pengakuan bahwa hutang uang seluruhnya atau sebagiannya telah dilunasi atau diperhitungkan;

  1. surat berharga seperti wesel, promes, dan aksep; atau
  2. dokumen yang akan digunakan sebagai alat pembuktian di muka Pengadilan, yaitu :

1) surat-surat biasa dan surat-surat kerumahtanggaan;

2) surat-surat yang semula tidak dikenakan Bea Meterai

berdasarkan tujuannya, jika digunakan untuk tujuan lain atau digunakan oleh orang lain, selain dari maksud semula.

Besarnya bea meterai :

Gambar 1 meterai

(1) Dokumen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf f dikenakan Bea Meterai dengan tarif Rp 6.000,00 (enam ribu rupiah). 442

(2) Dokumen sebagaimana dimaksud pada Pasal 1 huruf d dan huruf e:

a) yang mempunyai harga nominal sampai dengan Rp 250.000,00(dua ratus lima puluh ribu rupiah), tidak dikenakan Bea Meterai;

b) yang mempunyai harga nominal lebih dari Rp 250.000,00(dua ratus lima puluh ribu rupiah) sampai dengan Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah), dikenakan Bea Meterai engan tarif sebesar Rp 3.000,00 (tiga ribu rupiah);

c) yang mempunyai harga nominal lebih dari Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah), dikenakan Bea Meterai dengan tarif sebesar Rp 6.000,00 (enam ribu rupiah).

Pitlo (1988: 55) berpendapat bahwa wanprestasi itu dapat terjadi jika debitor mempunyai kesalahan. Kesalahan adalah adanya unsure kealpaan atau kesengajaan. Van Dume (1989: 31) menyatakan bahwa apabila terjadi wanprestasi, maka kreditor yang dirugikan dari perikatan timbal-balik mempunyai beberapa pilihan atas berbagai macam kemungkinan tuntutan, yaitu:

a. menuntut prestasi saja;

b. menuntut prestasi dan ganti rugi;

c. menuntut ganti rugi saja;

d. menuntut pembatalan perjanjian;

e. menuntut pembatalan perjanjian dan ganti rugi.

Silabus Bahasa Indonesia Kelas X SMK

SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 1

Standar Kompetensi : Mendengarkan

1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

1.1

Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)

Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita

· Pokok-pokok isi berita

· penangapan isi berita

· Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas, gempa dan tsunami Aceh)*

· Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat

· Menyampaikan secara lisan isi berita

· Mendiskusikan isi berita

· Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

· Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas

· Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

Jenis Tagihan:

· tugas individu

· tugas kelompok

· ulangan

Bentuk Instrumen:

· unjuk kerja

· format pengamatan

· uraian bebas

· pilihan ganda

· isian singkat

4

radio/ tape/

televisi/

kaset

rekaman

1.2

Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik)

suatu cerita yang disampai

kan secara

langsung/ melalui

rekam­an

Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)

· unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, amanat)

· unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)

· Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin Kundang)*

· Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik

· Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik

· Diskusi dan tanya jawab

· Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.)

· Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.)

· Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman

Jenis Tagihan:

· tugas individu

· ulangan

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

· isian singkat

4

kaset rekaman cerita

buku cerita

SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 1

Standar Kompetensi : Berbicara

2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

2.1

Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat

Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi

· penggunaan sapaan

· penggunaan diksi

· penggunaan struktur kalimat

· Mengamati moderator atau pembawa acara dalam diskusi atau suatu kegiatan langsung atau tak langsung langsung (dilakukan di rumah, di kelas, atau di luar kelas)

· Berperan sebagai moderator atau pembawa acara untuk memperkenalkan diri sendiri dan pembicara dalam diskusi.

· Menanggapi kekurangan pada pengucapan kalimat perkenalan

· Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton

· Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat

· Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman

· Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai

Jenis Tagihan:

· tugas individu

Bentuk Instrumen:

· unjuk kerja

· format pengamatan

4

buku teks yang terkait

media cetak/ elektronik

tuturan

langsung


Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

2.3 Menceritakan berbagai

pengalaman

dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat

Cerita peng­alam­an (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.)

· penggunaan diksi

(pilihan kata)

· penggunaan

intonasi, jeda, dan ekspresi

· Secara bergiliran siswa bercerita pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, atau mengharukan)* dengan menggunakan:

- pilihan kata dan ekspresi secara tepat.

- Menggunakan kosakata sesuai dengan situasi dan konteks.

· Membahas pengalaman yang diceritakan

· Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat

· Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan

Jenis Tagihan:

· praktik

· tugas individu

Bentuk Instrumen:

· unjuk kerja

· format pengamatan

4

buku cerita lucu/ kaset cerita

pengalaman langsung


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 1

Standar Kompetensi : 3. Membaca

1. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit)

Membaca cepat

· teks nonsastra

· teknik membaca cepat

· rumus membaca cepat

· fungsi membaca cepat

· Membaca cepat teks tentang kesenian daerah (lenong, wayang golek, ketoprak, dll)

· Menemukan ide pokok paragraf dalam teks

· Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat.

· Membahas ide pokok dan ringkasan isi

· Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit

· Menemukan ide pokok

paragraf dalam teks

· Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut

Jenis Tagihan:

· tugas individu

· ulangan

· praktik

Bentuk Tagihan:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

media massa/ koran/ majalah/ internet

buku yang berkaitan dengan budaya setempat

3.2

Mengidentifikasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif

Teks nonsastra dari berbagai sumber

· ide pokok tiap paragraf

· ide pokok dari berbagai sumber

· fakta dan opini

· ringkasan isi

· Membaca teks berita/ artikel (lenong, wayang golek, ketoprak, randai, dll)*

· Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf

· Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas

· Mendiskusikan ide pokok dan ringkasan isi

· Mengidentifikasi ide

pokok tiap paragraf

· Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat

· Mengidentifikasi fakta dan pendapat

Jenis Tagihan:

· tugas kelompok

· tugas individu

· ulangan

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

media massa/ koran/ majalah/ internet

Catatan :

· jumlah jawaban yang benar x 100%

jumlah soal

jumlah kata yang dibaca x % pemahaman bacaan = jumlah kata per menit

waktu tempuh baca (detik)


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 1

Standar Kompetensi : Menulis

4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif

Paragraf naratif

contoh paragraf naratif

pola pengembangan paragraf naratif (urutan waktu, tempat)

ciri/ karakteristik paragraf naratif

kerangka paragraf naratif

penggunaan kata ulang dalam paragraf naratif

· Membaca paragraf naratif.

· Mengidentifikasi struktur paragraf naratif

· Menulis paragraf naratif

· Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif

· Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman

· Mendiskusikan paragraf naratif

· Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif

· Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa

· •Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif

· •Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD

· •Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif

Jenis Tagihan:

•tugas Individu

•praktik

•ulangan

Bentuk Instrumen:

•uraian bebas

•pilihan ganda

4

buku teks yang terkait dengan naratif

buku EyD

4.2

Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif

Paragraf deskriptif

contoh paragraf deskriptif

pola pengembangan paragraf deskripsi

ciri/ karakteristik

paragraf deskriptif

Kerangka paragraf deskriptif

contoh penggunaan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif

· Membaca paragraf deskripsi

· Mengidentifikasi karakteristik paragraf deskriptif

· Menulis paragraf deskriptif

· Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif

· Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman

Mendiskusikan paragraf deskriptif

•Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan

•Menyusun kerangka paragraf deskriptif

•Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif

•Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif

•Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman

Jenis Tagihan:

•tugas individu

•praktik

•ulangan

Bentuk Instrumen:

•uraian bebas

•pilihan ganda

4

buku yang terkait dengan deskripsi

buku EyD


4.3

Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif

· contoh paragraf ekspositif

· pola pengembangan paragraf ekspositif

· contoh penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif

· penggunaan kata penghubung dalam paragraf

· Membaca paragraf ekspositif

· Mengidentifikasi karekteristik paragraf ekspositif

· Menulis paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat

· Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif

· Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis teman

· Mendiskusikan paragraf eksposistif

· Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif

· Menyusun kerangka paragraf ekspositif

· Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat

· Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif

· Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis teman

Jenis Tagihan:

· tugas individu

· praktik

· ulangan

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

buku yang terkait dengan eksposisi

buku EyD










SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 1

Standar Kompetensi : Mendengarkan

5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

5.1

Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman

Rekaman puisi atau pembacaan langsung

· majas,

· irama

· kata-kata konotasi

· Kata-kata bermakna

lambang

· Mendengarkan puisi

· Mendiskusikan unsur-unsur bentuk puisi tersebut

· Melaporkan hasil diskusi

· Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)

· Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan

· Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang

Jenis Tagihan:

· praktik

· tugas kelompok

· tugas individu

· laporan

· ulangan

Bentuk instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

rekaman puisi/ tape

puisi yang dibacakan

5.2

Mengungkap-

kan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman

Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan

· jenis puisi

· isi puisi

· tema

· maksud puisi

· Mendengarkan puisi

· Mengidentifikasi jenis puisi

· Mendiskusikan isi puisi

· Melaporkan hasil diskusi

· Menyebutkan tema puisi yang didengar

· Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)

· Menjelaskan maksud puisi

· Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri

Jenis Tagihan:

· praktik

· tugas Kelompok

· laporan

· ulangan

Bentuk instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

rekaman puisi/ tape

puisi yang dibacakan

SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 1

Standar Kompetensi : Berbicara

6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi

Kompetensi

Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

6.1

Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi

Naskah cerita pendek

· isi cerpen

· hal yang menarik

· unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)

· penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung

· Membaca cerita pendek

· Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri

· Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari karya tersebut

· Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca

· Melaporkan hasil diskusi

· Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung

· Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri

· Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan

· Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.

· Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen

Jenis Tagihan:

· praktik

· tugas individu

· tugas kelompok

Bentuk instrumen:

· unjuk kerja

· format pengamatan

· uraian bebas

4

buku kumpulan cerpen/

media massa/ internet

6.2

Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi

Naskah cerita pendek

· nilai budaya

· nilai moral

· nilai agama

· nilai politik

· Membaca cerita pendek

· Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen

· Melaporkan hasil diskusi

· Menemukan nilai-nilai dalam cerpen

· Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari

· Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen

Jenis Tagihan:

· Tugas

Kelompok

· laporan

· praktik

Bentuk instrumen:

· unjuk kerja

· uraian bebas

4

buku kumpulan cerpen/

media massa/ internet


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 1

Standar Kompetensi : Membaca

7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

7.1

Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat

Puisi

· lafal

· tekanan

· intonasi

· jeda

· pemenggalan kata, frasa

· Membacakan puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi

· Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi

· Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat

· Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi

· Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi

· Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat

Jenis Tagihan:

· praktik

· tugas individu

· tugas kelompok

Bentuk Instrumen:

· unjuk kerja

· format pengamatan

4

buku kumpulan puisi/ internet/

media massa

7.2

Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari

Naskah cerpen :

unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)

· Membaca cerpen

· Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca

· Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

· Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca

· Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

Jenis Tagihan:

· tugas Individu

· tugas kelompok

· ulangan

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

· jawaban singkat

4

buku kumpulan cerpen/

media massa/ internet


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 1

Standar Kompetensi : Menulis

8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

8.1

Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

Contoh puisi lama

(pantun, syair)

· bait

· irama

· rima

· perbedaan pantun dengan syair

· Membaca puisi lama (pantun, syair)

· Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima

· Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

· Menyunting puisi lama (pantun/ syair) yang dibuat teman

· Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima

· Membedakan bentuk pantun dan syair

· Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

· Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman

Jenis Tagihan:

· tugas individu

· produk

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

4

buku kumpulan puisi lama

Internet/ media massa

8.2

Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

Contoh puisi baru

· ciri-ciri puisi baru

· bait

· rima

· irama

· Membaca puisi baru

· Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima

· Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

· Menyunting puisi baru yang dibuat teman

· Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima

· Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

· Menyunting puisi baru yang dibuat teman

Jenis Tagihan:

· tugas individu

· produk

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

buku kumpulan puisi

internet/

media massa


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 2

Standar Kompetensi : Mendengarkan

9. Memahami informasi melalui tuturan

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung

Informasi dari tuturan langsung tentang topik tertentu

· pokok-pokok isi informasi

· Mendengarkan informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung (Misalnya tentang Transportasi : andong, delman, bajaj, jukung, bendi, dll.)*

· Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

· Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas

· Mendiskusikan isi informasi

· Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung

· Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

· Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas

Jenis Tagihan:

· pertanyaan lisan

· tugas individu

Bentuk Intrumen:

· jawaban singkat

· unjuk kerja

· format pengamatan

2

narasumber/

televisi/ radio/

Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)

Rekaman Informasi atau teks yang dibacakan

· pokok-pokok isi informasi

· simpulan informasi

· Mendengarkan informasi yang disampaikan melalui rekaman atau teks yang dibacakan *

· Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami

· Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas

·Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan

·Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas

·Menyimpulkan isi informasi yang didengar

Jenis Tagihan :

· pertanyaan lisan

· bentuk intrumen

· jawaban singkat

2

rekaman informasi/ teks yang dibacakan


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 2

Standar Kompetensi : Berbicara

10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

10.1

Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik

· Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)

· Kata kunci (saya kurang sependapat... karena..., ) untuk menyampaikan kritik atau dukungan terhadap suatu pendapat atau gagasan

· Membaca artikel

· Mendiskusikan persoalan yang menjadi perdebatan umum di masyarakat ( apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakang, dsb.)

· Memberikan kritik dengan disertai alasan

· Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya

· Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)

· Memberikan kritik dengan disertai alasan

Jenis Tagihan:

· praktik

· tugas kelompok

Bentuk Instrumen:

· unjuk kerja

· format pengamatan

4

artikel dari media cetak/ internet

10.2

Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik

· Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)

· Kata kunci (saya sependapat... karena..., ) untuk menyampaikan dukungan terhadap suatu pendapat atau gagasan

· Membaca artikel

· Mendiskusikan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)

· Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)

· Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya

· Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)

· Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an)

Jenis Tagihan:

· praktik

· tugas kelompok

Bentuk Instrumen:

· unjuk kerja

· format pengamatan

4

artikel dari media cetak/ internet


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 2

Standar Kompetensi : Membaca

11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

11.1

Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai

Buku yang memuat daftar isi

· pokok isi informasi

· rangkuman isi buku

· klausa

· Membaca daftar isi buku

· Menentukan salah satu bab dalam daftar isi buku yang merujuk ke halaman

· Membaca informasi yang terdapat pada halaman tertentu sesuai dengan yang dirujuk pada daftar isi

· Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat

· Mendiskusikan rangkuman isi

· Mengidentifikasi klausa dalam teks buku

· Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk

· Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat

· Membahas rangkuman yang telah dibuat

· Mengidentifikasi klausa dalam teks buku

Jenis Tagihan:

· tugas individu

· laporan

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

.

4

buku yang memuat daftar isi

buku yang terkait dengan tata bahasa

11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai

· teks / bacaan yang berisi tabel atau grafik

· isi tabel/ grafik

· merangkum tabel/ grafik

· Membaca teks yang berisi tabel atau grafik

· Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat

· Menyimpulkan isi tabel/ grafik

· Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat

· Merangkum isi informasi dari suatu tabel/ grafik

Jenis Tagihan:

· ulangan

· tugas kelompok

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

2

media cetak/ internet


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 2

Standar Kompetensi : Menulis

12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

12.1

Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif

Contoh paragraf argumentatif

· ciri-ciri paragraf argumentatif

· topik paragraf argumentatif

· kerangka paragraf argumentatif

· penggunaan kata penghubung dalam paragraf argumentatif

· Membaca paragraf argumentatif

· Mengidentifikasi karekteristik

paragraf argumentatif

· Menulis paragraf argumentatif

· Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf argumentatif

· Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis teman

· Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif

· Menyusun kerangka paragraf argumentatif

· Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf argumentatif

· Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.) dalam paragraf argumentatif

· Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis teman

Jenis Tagihan:

· tugas Individu

· praktik

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

buku yang berkaitan dengan argumen-tasi

buku yang terkait denga tata bahasa

12.2

Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif

Contoh paragraf persuasif

· ciri-ciri paragraf persuasif

· topik-topik paragraf persuasif

· kerangka paragraf persuasif

· penggunaan kata penghubung antarklausa dalam paragraf persuasif

· Membaca paragraf persuasif

· Mengidentifikasi karekteristik paragraf persuasif

· Menulis paragraf persuasif

· Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf persuasif

· Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis teman

· Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian

· Menyusun kerangka paragraf persuasif

· Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf persuasif

· Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif

· Menyunting paragraf persuasif yang ditulis teman

Jenis Tagihan:

· tugas individu

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

buku yang berkaitan dengan argumen-tasi

buku yang terkait dengan tata bahasa

12.3

Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat

Informasi dari nara- sumber

· topik wawancara

· daftar pertanyaan

· pokok-pokok isi wawancara

· penggunaan ejaan dan tanda baca

· Memilih narasumber untuk diwawancarai *

· Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)

· Melakukan wawancara dengan narasumber

· Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara

· Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar

· Menentukan topik

· Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)

· Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara

· Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar

Jenis Tagihan:

· tugas kelompok

· laporan

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

buku pedoman wawancara

12.4 Menyusun teks pidato

Kalimat pembuka, isi, penutup

· syarat-syarat topik

· sumber topik

· kerangka teks pidato

· penggunaan bahasa dalam teks pidato

· Menentukan topik dan tujuan

· Menyusun kerangka pidato

· Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami

· Menyunting teks pidato tulisan teman

· Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami

· Menyunting teks pidato tulisan teman

Jenis Tagihan:

· tugas individu

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

4

buku yang berkaitan dengan pidato

buku EyD


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 2

Standar Kompetensi : Mendengarkan

13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

13.1

Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman

Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung

· ciri-ciri cerita rakyat

· unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)

· nilai-nilai (budaya, moral, agama)

· cara membuat sinopsis

· hal-hal yang menarik tentang tokoh

· Mendengarkan rekaman cerita rakyat (penuturan cerita sesuai dengan daerah setempat)*

· Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan

· Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat

· Mengutarakan secara lisan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan memperhatikan pelafalan kata, dan kalimat yang tepat

· Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.

· Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

· Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan

· Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat

· Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat

· Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif

· Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

Jenis Tagihan:

· tugas individu

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

rekaman cerita rakyat, tuturan cerita rakyat

buku cerita rakyat

13.2

Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman

Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung

· ciri-ciri cerita rakyat

· unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)

· nilai-nilai (budaya, moral, agama)

· cara membuat sinopsis

· hal-hal yang menarik tentang latar

· Mendengarkan cerita rakyat yang disampaikan secara langsung*

· Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan

· Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat

· Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.

· Mengungkapkan cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

· Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan

· Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat

· Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat

· Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif

· Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

Jenis Tagihan:

· tugas individu

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

buku cerita rakyat, tuturan cerita rakyat


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 2

Standar Kompetensi : Berbicara

14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

14.1

Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi

Puisi

· gambaran penginderaan

· gambaran perasaan

· gambaran pikiran

· penggambaran imajinasi

· maksud puisi

· Membaca puisi

· Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)

· Melaporkan hasil diskusi

· Menanggapi isi laporan diskusi

· Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)

· Mendiskusikan maksud/ makna puisi

Jenis Tagihan:

· tugas kelompok

· tugas individu

Bentuk Instrumen:

· unjuk kerja

· format pengamatan

· uraian bebas

4

buku kumpulan puisi

buku panduan yang terkait

14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi

Puisi

· hubungan isi dengan realitas alam

· hubungan isi puisi dengan sosial budaya

· hubungan isi puisi dengan masyarakat

· Membaca puisi

· Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)

· Melaporkan hasil diskusi

· Menanggapi isi laporan diskusi

· Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)

Jenis Tagihan:

· tugas kelompok

· tugas individu

Bentuk Instrumen:

· unjuk kerja

· format pengamatan

· uraian bebas

4

buku kumpulan puisi

buku panduan yang terkait


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 2

Standar Kompetensi : Membaca

15. Memahami sastra Melayu klasik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik

Karya sastra Melayu klasik

· ciri-ciri karya sastra Melayu klasik

· unsur-unsur karya sastra Melayu klasik (tema, alur, latar, penokohan, amanat)

· ringkasan isi karya sastra Melayu klasik

· Membaca naskah sastra Melayu klasik *

· Mengidentifikasi karakteristik karya sastra Melayu Klasik

· Mendiskusikan struktur (unsur) karya sastra Melayu Klasik

· Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf

· Mengidentifikasi karakteristik karya sastra Melayu klasik

· Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik

· Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf

Jenis Tagihan:

· tugas individu

· tugas kelompok

· laporan

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

4

karya satra Melayu klasik

15.2

Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik

Naskah sastra Melayu klasik

· nilai-nilai (budaya, moral, agama)

· Mendiskusikan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik *

· Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini

· Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik

· Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini

· Mengartikan kata-kata sulit

Jenis Tagihan:

· tugas individu

· tugas kelompok

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

· pilihan ganda

2

karya satra Melayu klasik


SILABUS

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sambas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : X

Semester : 2

Standar Kompetensi : Menulis

16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

16.1

Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)

Contoh cerpen

· ciri-ciri cerita pendek

· syarat topik cerpen

· Kerangka cerita pendek

· unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)

· Menulis cerpen

· Membahas cerpen yang ditulis teman

· Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerita pendek

· Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa

· Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.

Jenit Tagihan:

· tugas individu

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

4

buku kumpulan cerpen

16.2

Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)

Contoh cerpen

· ciri-ciri cerita pendek

· syarat topik cerpen

· kerangka cerita pendek

· unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)

· Menulis cerpen

· Membahas cerpen yang ditulis teman

· Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek

· Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku, peristiwa, latar

· Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.

Jenit Tagihan:

· tugas individu

Bentuk Instrumen:

· uraian bebas

4

buku kumpulan cerpen